Menyelusuri Daerah Potensi Wisata di Sub-Distrik Atabae (1): Bee-Malae

Bee-Malae, potret dari udara
(photo: Dr. Rui Araujo)
Bee-Malae atau Bia Malai, adalah sebuah danau kecil di Atabae, kaya dengan berbagai jenis ikan air tawar, udang, tuna dan kepiting. Bee-Malae menjadi tempat yang sangat menarik bagi para wisatawan lokal dan asing.

Apa istimewahnya Bee-Malae? Bee-Malae punya nilai historis yang berakar pada masyarakat setempat, memiliki nilai ceremoni tradisional yang harum menyebar di seluruh tanah Timor, menonjolkan nilai kebersamaan yang membentuk persatuan nasional.

Ceremoni Tradisional sebelum menangkap ikan
(photo: facebook Dr. Rui Araujo)
Harus dicamkan, tidak setiap hari bisa menangkap ikan di Bee-Malae. Ada 'rules & regulations'nya tersendiri untuk bisa menangkap ikan di sana, yaitu hanya setahun sekali selama beberapa hari. Ada perayaan tradisional yang unik menyambut dibukanya acara penangkapan ikan bersama. Hanya tua adat yang 'memiliki' wilayah Bee-Malae berhak melantunkan nada-nada ritual tradisional, memohon ijin kepada 'tuan tanah' yang melimpahkan berbagai jenis ikan. Konon, kalau terjadi kesalahan dalam ritual tradisional memohon ijin, maka tidak akan ditemukan seekor ikan pun di danau Bee-Malae.

Penangkapan ikan di Bee-Malae
(photo: facebook Dr. Rui Araujo)
Siapa saja yang hadir dalam ceremoni ritual tradisional ini? Ada pejabat-pejabat penting dari nasional dan regional, masyarakat dari berbagai daerah dan tentunya masyarakat setempat. Perayaan dilangsungkan dengan meriah, tarian likurai setempat dan sambutan-sambutan bermakna historis berhubungan deangan Bee-Malae.

Sampan, jala, kail dan berbagai jenis alat penangkapan ikan tradisional digunakan untuk menangkap ikan. Percaya atau tidak, semua jenis ikan, udang, tuna, kepiting yang ditangkap di danau ini sangat lezat, jadi rebutan semua orang dan dinikmati hampir di seluruh tanah Timor.

Bagaimana nasib Bee-Malae masa kini? Atabae Ana perlu dengan segera melestarikan, menjaga dan menghidupkan kembali nilai-nilai historis tradisioanl dan persatuan nasional yang tertanam di Bee-Malae.

Oleh: Jano Bere Buti
Suatu pagi di dekat air terjung Bujagali, Afrika Timur.

5 comments:

Unknown said...

Bro Janu Bele pae pita Programa Sering rasa Organizasaun Juventude Curazoso (OJC) - Atabae implementa, Training English no Computador la Juventude no publiku ih Atabae,objetivu husi Treinu ne'e atu Dezenvolve kapasidade juventude e komunidade jeral hodi partisipa diak liu iha prosesu dezenvolvimentu.

karik iha hanoin ruma e prontu atu kolabora,


Os Millores,

ANATU

Anonymous said...

Obrigado ba kolega Atabae Anan tomak nebe posting kona ba ritual Bee Malae nian husi Luis Ati Rao

Atabae Ana said...

Anatu bele hakerek programa sira ne'e mai publika iha blog ne'e, blog ne'e nakloke ba Atabae Ana hotu atu kontribui ideas oi-oin, fahe ba malu hanesan familia Atabae,.

Unknown said...

Maluk sira bele fo komenatario uitaun kona ba:
-Ikan
-ambiente
-kultura
-turismo
-konklusaun
Perguntas mak ne maluk sira bele ajuda?

Unknown said...

Sei iha tan ka lae potensia turismu sira seluk nebe mak ejiste iha Atabae ida nbe mak ita presija promove

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...